Wed. May 25th, 2022

Saat musim hujan, para pemilik mobil harus lebih ekstra dalam memperhatikan kondisi mobil. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mobil tetap dalam kondisi yang baik ketika mobil sering menerjang genangan air bahkan banjir. Jangan lupa juga ganti  oli secara berkala dan cari tahu mengenai daftar oli mobil terbaik agar performa mobil terus berjalan dengan optimal di segala cuaca. Mobil dan kendaraan lainnya sangat rentan dengan air hujan. Maka dari itu Anda harus pintar merawat mobil Anda walau hujan sering melanda hampir setiap harinya. Simak tips-tips berikut:

 

  1. Sering mencuci mobil dan langsung mencuci mobil ketika kehujanan. Walaupun musim hujan, Anda juga harus tetap rutin mencuci mobil karena saat musim hujan mobil akan sering kali lebih kotor terkena cipratan air hujan dan kotoran akan makin menempel pada komponen mobil. Selain itu, kebiasaan membiarkan mobil setelah terkena hujanan hingga kering juga dapat merusak komponen mobil. Membiarkannya seperti itu akan membuat beberapa bagian mobil berkarat bahkan berjamur. Oleh karena itu cucilah mobil Anda dan bilas dengan air bersih. Jika sudah bersih, segera keringkan kendaraan menggunakan lap atau kanebo.

 

  1. Periksa komponen mesin. Tips yang satu ini jangan sampai terlewat terutama saat musim hujan. Tahukah Anda bahwa air hujan dapat dengan mudah masuk ke dalam bagian mesin melalui celah kecil? Ketika air hujan merembes masuk ke komponen mesin, maka mesin akan terganggu kinerjanya. Hal ini akan membuat mesin mobil cepat rusak dan sering mogok di jalanan.

 

  1. Rutin memanaskan mesin mobil sebelum berkendara. Tujuan dari memanaskan mesin mobil sebelum digunakan adalah membantu menyesuaikan suhu udara sekitar dengan panas kerja mesin. Ini karena mesin mempunyai suhu kerja optimal. Melakukan cara yang satu ini akan membuat mesin dapat bekerja dengan optimal. Perlu diingat juga walaupun mobil Anda jarang digunakan, tetap rutin panaskan mesin terutama saat musim hujan karena mesin mobil akan dingin apabila tidak dipanaskan.

 

  1. Cek dan ganti karet wiper mobil secara berkala. Mungkin sering disepelekan, tetapi memeriksa kondisi karet wiper mobil adalah penting. Idealnya, karet wiper mobil diganti setiap 6 hingga 12 bulan sekali. Jika wiper tidak bekerja dengan baik maka pandangan Anda ketika menyetir akan terganggu terutama saat musim hujan melanda karena wiper tidak menyeka air yang terus menghalangi kaca mobil dengan bersih. Salah satu tanda yang bisa Anda rasakan bahwa karet wiper harus diganti adalah ketika wiper mobil terasa tidak bekerja secara baik ketika membersihkan air.

 

Itulah beberapa tips menjaga kondisi mobil saat musim hujan. Saat musim hujan tiba, Anda harus lebih ekstra hati-hati saat berkendara. Tetap jaga fokus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda juga harus memperhatikan kondisi setiap bagian mobil agar mobil Anda tetap dapat dikendarai secara aman dan nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *