Fri. Apr 23rd, 2021

Bermasalah dengan kulit wajah yang cenderung kering? Atau bisa jadi kulit wajah Anda normal, namun kulit tubuh yang cenderung kering dan mudah bersisik. Jangan khawatir, kulit kering bisa dirawat agar terjaga kelembapannya.

dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, seorang skin expert berbagi tips-tips merawat kulit kering di acara launching produk make p:rem yang bertajuk Discover The Global Standard for Clean Beauty. Tidak ada yang ribet, kok. Semuanya mudah dilakukan setiap hari.

1. Bersihkan Wajah dengan Cleanser Lembut

Kulit wajah yang kering biasanya memiliki kelembapan rendah. Karena itu, hindari cleanser yang bisa menyapu kelembapan alami dari kulit. Produk seperti ini biasanya mengandung alkohol yang bisa mengeringkan kulit.

Facial wash atau cleansing foam yang busanya terlalu banyak juga bisa menjadikan kulit kering. Sebisa mungkin gunakan produk yang formulanya ringan dan pakai secukupnya. Pasalnya sensasi kesat setelah cuci muka bukan sahabat kulit kering. Lebih baik lagi jika produk tersebut tidak mengandung pewangi.

2. Jangan Mandi atau Cuci Muka Pakai Air Hangat

Biasakan mandi dan cuci muka dengan air dingin jika kulit Anda tergolong kering. Jika memang diperlukan, gunakan air suam-suam kuku saja. Cara ini direkomendasikan oleh The American Academy of Dermatology. Kebiasaan mandi dan mencuci muka dengan air yang suhunya tinggi bisa merusak kulit dalam jangka panjang. dr. Arini juga menyarankan agar waktu mandi dipersingkat saja.

3. Langsung Pakai Moisturizer Sehabis Mandi

Jangan lupa oleskan moisturizer segera setelah mandi. Sebisa mungkin, langsung oleskan pelembap tubuh dan wajah dalam waktu 5 menit setelah mandi.

Setelah mandi, kulit tubuh masih lembap. Penggunaan moisturizer berguna untuk menahan kelembapan alami tersebut di permukaan kulit sebelum sempat menguap.

4. Jaga Kelembapan dari Dalam dengan Minum Secukupnya

Kecuali Anda benar-benar dehidrasi, kulit tidak akan berubah menjadi kering hanya karena kurang minum. Walaupun begitu, minum air dalam jumlah banyak setiap hari bisa membantu menjadikan kulit lebih sehat dan tampak lebih segar. Jadi, pastikan kebutuhan air minum Anda selalu tercukupi setiap hari.

Pilih minuman yang sehat seperti air mineral, jus murni tanpa tambahan gula, infused water, atau green smoothie. Pastikan Anda tidak minum lebih dari 1 liter dalam 1 jam, sebab ginjal akan bekerja terlalu berat. Anda juga bisa mengalami penurunan ekstrem kadar sodium dalam darah karena keracunan air (water intoxication).

Pengertian Water Intoxication, Penyebab, dan Cara Menanganinya

5. Batasi Waktu di Dalam Ruangan Ber-AC

Berada di dalam ruangan yang dilengkapi AC memang terasa nyaman. Namun risikonya kulit jadi lebih cepat kering. Anda bisa meletakkan pelembap di dekat meja kerja untuk aplikasi ulang moisturizer sewaktu-waktu.

Menurut dr. Arini, mematikan AC dan membuka jendela sebenarnya juga bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Sebab, pada dasarnya negara tropis seperti Indonesia memiliki kelembapan yang tinggi.

Demikian berbagai tips mudah untuk merawat kulit kering setiap hari dari dr. Arini Astasari Widodo, SpKK.

sumber : merdeka.com

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *