Thu. Jun 24th, 2021

Puasa Syawal merupakan ibadah puasa yang dijalankan di bulan Syawal setelah Ramadhan. Ibadah ini dijalankan selama 6 hari berturut-turut di bulan Syawal dan menjadi sumber keberkahan bagi umat Islam. Ada banyak keutamaan puasa Syawal yang juga disebut sebagai ibadah penyempurna puasa Ramadhan.

Menjalankan Puasa Syawal

Setiap bentuk ibadah kepada Allah memiliki keutamaan dan menjadi sumber keberkahan. Begitu juga dengan ibadah puasa yang dijalankan di waktu Syawal. Berikut adalah 5 keutamaan ibadah puasa Syawal bagi umat muslim:

1.     Pahala Puasa Setahun Penuh

Ibadah puasa selama 6 hari di bulan Syawal akan mendapatkan pahala yang setara dengan puasa selama satu tahun penuh. Pahala dalam berpuasa di bulan Syawal ini akan dilipatgandakan. Bahkan kebaikan saat berpuasa Syawal akan digandakan hingga sepuluh kali lipat.

2.     Menyempurnakan Ibadah

Menjalankan ibadah puasa Syawal akan membantu menyempurnakan ibadah yang belum sempurna. Sebagai manusia biasa tentu selalu ada kekurangan dalam menjalankan ibadah. Kekurangan dalam ibadah wajib maupun sunnah bisa disempurnakan dengan menjalankan puasa Syawal selama 6 hari.

3.     Semakin Dekat dengan Allah

Selama Ramadhan kita menjalani ibadah puasa dan bisa mendekatkan diri dengan Allah. Selepas Ramadhan, kita bisa semakin mendekatkan diri lewat puasa Syawal. Salah satu keutamaan puasa Syawal adalah untuk membuat jiwa ini semakin dekat kepada Sang Pencipta.

4.     Mendapat Pertolongan Rasulullah

Puasa Syawal merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah. Disebutkan bahwa umat Islam yang menghidupkan sunnah Rasulullah artinya mencintai Rasulullah dan akan bersama di surga. Umat Islam yang menjalankan ibadah puasa Syawal ini akan mendapatkan pertolongan Rasulullah di akhirat nanti.

5.     Menjaga Kesehatan

Keutamaan lain menunaikan ibadah puasa di bulan Syawal adalah menjaga kesehatan tubuh. Berpuasa akan membantu memperlancar pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh. Apalagi selepas lebaran yang biasanya konsumsi makanan tidak terjaga.

 

Itulah 5 keutamaan puasa Syawal bagi umat muslim. Banyak keberkahan yang akan didapatkan jika menjalankan ibadah puasa sunnah ini. Jalankan ibadah puasa Syawal dengan penuh ketulusan agar keberkahan tersebut bisa dirasakan.

Sumber:

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4542204/6-keutamaan-puasa-syawal-lengkap-tata-cara-dan-hukum-melaksanakannya

https://www.merdeka.com/trending/6-keutamaan-puasa-syawal-usai-ramadhan-lengkap-dengan-niat-dan-cara-melaksanakan-kln.html?page=all

https://www.suara.com/news/2021/05/15/202401/puasa-syawal-berapa-hari-niat-dan-keutamaan?page=all

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *