Mon. Oct 18th, 2021

Budaya makan bersama merupakan hal biasa yang ditemui di tengah masyarakat. Makan bersama merupakan salah satu cara manusia untuk bersosialisasi. Namun kini muncul budaya baru ketika orang korea memilih untuk makan sendiri.

Budaya makan sendiri ini dikenal dengan nama honbap . Honbap berasal dari kata honja yang artinya sendiri dan bap berarti nasi. Melansir , Honbap dahulu dianggap tabu bagi orang korea.

Orang orang yang makan sendiri dianggap mengalami kehidupan sosial yang buruk. Kini, honbap justru semakin banyak diminati dan dilakukan orang Korea. Honbap ini sering dilakukan ketika waktu makan malam.

Menurut survey Korean Consumers Food and Beverages Consumption yang digelar Juni 2017 Mei 208 , tren honbap munul karena alasan kenyamanan dan kebebasan. Bisa dikatakan bahwa honbap adalah cara meluangkan waktu berkualitas untuk diri sendiri dan melepaskan diri dari tekanan sehari hari, dikutip dari . Bahkan selebritas seperti mantan anggota Girl's Generation,Tiffany Young, pernah memposting video tentang keterlibatannya dalam honbap.

Dilansir dariCJ, budaya makan sendiri (honbap ) tidak hanya dilakukan oleh lajang. Orang yang sudah berkeluarga sekalipun sering melakukan honbap . Kondisi tersebut menjelaskan bahwa honbap sudah umum di Korea.

Hasil survey juga menyebutkan, biasanya orang orang yang melakukan honbap lebih memilih makanan yang sederhana seperti olahan telur, ramyun , dan olahan daging. Selain Korea, tren makan sendiri sudah menyebar ke negara Jepang dan Amerika Serikat. Misalnya di Jepang, bisa dijumpai restoran ramen khusus untuk makan sendiri.

Restoran itu menyediakan bilik bilik yang hanya bisa menampung satu orang pengunjung di tiap bilik. Kini, budaya honbap bukan hanya sebuah cara untuk meluangkan waktu sendiri namun juga sudah menjadi sebuah tren dunia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *