Tue. Jul 27th, 2021

Berikut kunci jawaban Tema 6 Kelas 5 halaman 94 97 98 99 101 102 dan 103. Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 mengusung judul Panas dan Perpindahannya. Sedangkan untuk subtema 2 yakni Perpindahan Kalor di Sekitar kita.

Pembelajaran 3 subtema 2 buku tematik Tema 6 Kelas 5 SD terdapat di halaman 91, 92, 93, 94, 95, 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103, dan 104. Kunci jawaban ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak. Bacaan 'Kehidupan Nelayan Pemburu Paus' merupakan salah satu teks penjelasan yang dimuat pada sebuah surat kabar. Surat kabar merupakan salah satu jenis media cetak yang paling banyak digunakan masyarakat. Surat kabar atau koran merupakan salah satu media cetak yang dapat memberikan berbagai macam informasi.

Untuk memahami sebuah teks penjelasan pada bacaan di atas, kamu perlu mengetahui pokok pikiran di setiap paragrafnya. Temukanlah pokok pokokpikiran dalam setiap paragraf dengan melakukan kegiatan berikut ini. Pokok pikiran dalam bacaan 'Kehidupan Nelayan Pemburu Paus' tiap paragraf yakni, Paragraf 1 Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang menjadikan laut sebagai ladang kehidupan mereka.

Paragraf 2 mereka tetap menjaga agar paus tidak punah. Paragraf 3 Untuk berburu paus, para nelayan melakukan pemantauan dari bibir pantai dan dari atas bukit. Paragraf 4 Daging dan minyak paus yang berhasil ditangkap kemudian akan dibagi ke seluruh warga desa.

*** Berdasarkan bacaan Festival Mane’e, Tradisi Nelayan di Pantai Malo, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini! 1. Apakah tujuan dilaksanakannya Festival Mane'e tersebut?

Agar nelayan mendapatkan tangkapan yang banyak dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya dari Tuhan. 2. Siapa yang berperan penting dalam upacara tersebut? Pemuka adat dan masyarakat setempat

3. Menurutmu, apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan kehidupan masyarakat nelayan setempat? Bermanfaat untuk memperkuat persatuan dan kesatuan antarmasyarakat setempat. Membuat masyarakat senantiasa untuk terus berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa.

4. Adakah hal menarik yang kamu dapatkan dari kegiatan upacara nelayan tersebut? Ada alat tradisional bernama sammy yang menurut saya sangat menarik. 5. Adakah kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yang berada paling dekat dari tempat tinggalmu? Jika ada, ceritakanlah!

Tergantung dengan tempat tinggal peserta didik. Adanya tradisi nadranan/sedekah laut bagi nelayan, nadran dilaksanakan sebagai rasa syukur atas hasil yang diperoleh nelayan menangkap ikan di laut. Nadran dilaksanakan oleh masyarakat nelayan di pesisir utara pantai pulau Jawa, seperti seperti Subang, Indramayu dan Cirebon.

*** Kehidupan masyarakat di sekitarmu mungkin juga memiliki keunikan sendiri. Oleh karenanya, lakukanlah kegiatan pengamatan sebagai berikut: Sesuai dengan tempat tinggal peserta didik.

Alternatif jawaban: Laporan Hasil Pengamatan Tempat pengamatan: Surakarta

Hal yang diamati: Interaksi manusias dengan lingkungan sosialnya Upaya manusia dalam berperan serta membangun perekonomian

Hasil pengamatan: Masyarakat di daerah ini hidup saling tolong menolong, masih ada semangat gotong royong, dan bila menemukan permasalahan yang menimpa masyarakat daerah tersebut, maka yang diutamakan adalah musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan permasalahan. Masyarakat di daerah ini ekerja dengan sungguh sungguh dalam menjalankan profesi/pekerjaan mereka masing masing.

Ada yang menjadi petani, ada yang menjadi pegawai, baik pegawai negeri maupun pegawai swasta, ada yang berwirausaha dengan berdagang atau menjual jasa/keterampilan. Semua masyarakat di daerah tersebut bekerja dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah tersebut. Kesimpulan apa yang kamu dapatkan dari kegiatan ini? Tuliskanlah kesimpulanmu di bawah ini!

Interaksi dengan lingkungan sosial (manusia dengan manusia) akan berjalan baik jika ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. *** Setiap warga negara di Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang tidak terpisahkan Ada hak, maka di sana juga ada kewajiban. Sebagai warga Negara Republik Indonesia, hak dan kewajiban warga negaranya diatur di dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Yang termasuk dalam hak warga negara Indonesia sesuai dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) antara lain adalah sebagai berikut. 1. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan (pasal 27 ayat 1). 2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (Pasal 27 ayat 2).

3. Setiap warga negara berhak dalam usaha pembelaan negara (Pasal 30 ayat 1). 4. Setiap warga Negara berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarkan pendapatnya (Pasal 28). 5. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing masing yang dipercayai (Pasal 29 ayat 2).

6. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran (Pasal 31 ayat 1). 7. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1). Selain mengetahui hak warga negara, kita pun harus tahu tentang kewajiban kita sebagai warga negara. Ada kewajiban yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab karena menyangkut hak orang lain. Ada juga kewajiban yang bersifat pribadi. Berikut adalah beberapa contoh kewajiban warga negara Indonesia.

1. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) (Pasal 23A). 2. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik baiknya (Pasal 27 ayat 1). 3. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).

4. Setiap warga negara wajib untuk menghormati hak asasi orang lain dan menjunjung tinggi moral, nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum. 5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik. 6. Setiap warga negara wajib untuk mengikuti pendidikan dasar yang sepenuhnya dibiayai oleh Negara.

Dengan menggunakan bacaan tentang nelayan Lamalera dan nelayan Pantai Malo, diskusikan hak hak dan kewajiban apa saja yang dimiliki oleh paranelayan tersebut. Dengan menggunakan bacaan tentang nelayan Lamalera dan nelayan Pantai Malo diskusikan hak hak dan kewajiban apa saja yang dimiliki oleh para nelayan tersebut. Nelayan Lamrela atau Nelayan Pantai Malo Hak: menangkap ikan di laut Kewajiban: menjaga kelestarian ekosistem yang ada di laut

Petani Hak: memiliki tempat untuk bertani Kewajiban: menjaga ekosistem sawah Pelajar Hak: memperoleh pendidikan dan pengajaran dengan baik Kewajiban: rajin belajar, menaati semua peraturan yang ada ***

Diskusikan dan presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas. Dengarkan dan cermatilah ketika kelompok yang lain melakukan presentasi. Catatlah halhal menarik dari semua presentasi yang dilakukan teman teman kelasmu. Lalu tuliskanlah kesimpulanmu. Setiap warga negara di Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang tidak terpisahkan. Ada hak, maka di sana juga ada kewajiban. Hak dan kewajiban warga negaranya diatur di dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

*** Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Sumber buku: Karitas, Diana. Fransiska. 2017. Tema 6 Panas dan Perpindahannya Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Karitas, Diana. Fransiska. 2017. Tema 6 Panas dan Perpindahannya Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *