Wed. Oct 5th, 2022

Inulin merupakan salah satu jenis serat larut air yang menawarkan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, inulin bermanfaat juga untuk menjaga tubuh dari keganasan kolesterol jahat.

Selain itu, Inulin merupakan salah satu jenis karbohidrat yang disebut dengan fruktan, rantai molekul fruktosa yang langsung berikatan bersama dan tidak dapat dipecah usus.

Dengan kata lain, setelah makanan dihaluskan di dalam lambung, makanan yang sudah dalam bentuk kim ini akan dikirim menuju usus halus untuk diproses. Kondisi ini berbeda dengan fruktan yang akan langsung dikirim menuju usus besar.

Di dalam usus besar, inulin dan jenis fruktan lainnya akan difermentasi dan dijadikan sebagai makanan bagi bakteri baik di usus, dan sebagiannya lagi diubah menjadi asam lemak rantai pendek yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat inulin untuk kesehatan.

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Inulin merupakan salah satu jenis prebiotik yang dijadikan sebagai makanan untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus (probiotik). Dengan cara ini, pertumbuhan bakteri jahat di usu bisa ditekan sehingga pencernaan akan jauh lebih sehat.

Tidak hanya itu, inulin berperan penting dalam memadatkan feses dengan cara mengikat air di usus, membuat feses lebih mudah dikeluarkan, membantu melindungi dinding usus, mencegah sembelit, diare, wasir dan masalah pencernaan lainnya.

2. Mengendalikan Gula Darah

Inulin bertugas memperlambat penyerapan gula dalam usus sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Bukan hanya itu, efek tersebut bisa juga digunakan untuk mengendalikan kadar gula darah, dan menjamin ketersediaan energi sesuai dengan kebutuhan.

Jenis serat ini sangat disarankan dikonsumsi orang yang beresiko tinggi mengalami diabetes, terutama bagi mereka yang mengalami obesitas dan faktor genetik. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, inulin berpotensi besar dijadikan penstabil gula darah.

3. Mengoptimalkan Diet

Serat merupakan salah satu makanan utama yang wajib disertakan dalam program diet Anda, termasuk makanan kaya inulin. Seperti dijelaskan di atas, inulin dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah Anda makan secara berlebih.

Untuk hasil yang lebih optimal, sangat disarankan untuk memadukan program diet tinggi serat dengan diet tinggi protein. Jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan berolahraga rutin, setidaknya 150 menit per minggu.

Suplemen Serat

Inulin bisa didapat dari beberapa makanan alami, seperti asparagus, akar chicory, agave, pisang, artichoke, daun bawang, bawang bombay, bawang putih, gandum dan lainnya. Makanan-makanan tersebut bisa dikonsumsi langsung, atau dijadikan sebagai campuran bersama bahan lainnya.

Selain dengan konsumsi makanan alami, inulin bisa juga didapat lewat produk suplemen makanan. Ada banyak produk yang bisa Anda pilih, diantaranya Vegeta Scrubber, minuman pendamping diet yang aman dikonsumsi setiap hari.

 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. Top Inulin Benefits

Verywell Health. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Inulin

Medical News Today. Diakses pada 2022. What to Know About Inulin, a Healthful Prebiotic

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *