Wed. May 12th, 2021

Pelatih Timnas Indonesia U19, Shin Tae yong memberikan pola latihan yang cukup ampuh guna meningkatkan kondisi fisik Timnas Garuda Muda. Meski hanya memantau secara virtual, Shin Tae yong tetap memastikan sendiri jalannya latihan Timnas Indonesia U19. Shin Tae yong pun ingin memastikan kondisi anak asuhnya selama menjalani TC di Stadion Madya, Jakarta.

Nova Arianto, selaku asisten pelatih Shin Tae yong, memberikan gambaran jalannya TC Timnas Indonesia U19. Mantan punggawa Persib Bandung ini mengatakan para pemain Garuda Muda menunjukan peningkatan kemampuan yang cukup bagus. Namun, masih ada beberapa pemain yang mengalami kendala selama TC di Stadion Madya ini.

Satu di antara kendala tersebut adalah terkena cedera. "Pemain dalam kondisi baik, meski ada beberapa yang cedera,' ujar Nova Arianto dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (24/11/2020). "Secara keseluruhan pemain terus berjuang keras dan menunjukkan progres yang baik setiap harinya." tuturnya.

Nova Arianto beserta staf pelatih yang lain berusaha menerapkan menu latihan yang diberikan Shin Tae yong kepada skuad Garuda Muda. Shin Tae yong ingin Timnas Indonesia U19 fokus pada masalah ketahanan fisik pemain. Materi latihan pun disesuaikan dengan kebutuhan tim.

"Sesuai materi latihan dari coach Shin Tae yong fokus selama ini adalah mempertahankan serta meningkatkan level endurance pemain," ujar Nova Arianto. "Selain itu, melihat mental pemain dalam melaksanakan latihan yang diberikan." "Jadi pemain harus selalu siap dan kerja keras," sambungnya.

Intensitas latihan punggawa Timnas Indonesia U19 pun dilaksanakan dengan level tinggi. Waktu latihannya pun dibagi menjadi dua periode. Yaitu latihan di pagi dan sore hari.

Di pagi hari, pemain Timnas Indonesia U19 mendapatkan materi latihan strength endurance. Bentuk latihan tersebut berupa naik turun tangga dan skipping. "Hari ini pemain latihan naik turun tangga," terang Nova.

"Sebagian lainnya ada yang melakukan skipping." "Hal ini untuk menjaga endurance mereka." "(Untuk durasi) naik turun tangga dilakukan sekira 20 menit dan dibagi dengan yang melakukan skipping," lanjutnya.

Pihak PSSI pun mendukung sepenuhnya TC yang langsung diawasi oleh Shin Tae yong ini. Satu di antara bentuk dukungan PSSI membiarkan para punggawa Timnas Garuda Muda untuk fokus meningkatkan kemampuan fisik mereka. Sehingga, di TC kali ini, Timnas Indonesia tak akan menggelar laga uji coba.

"Tidak ada laga uji coba dalam TC di Jakarta kali ini," ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. "Para pemain hanya fokus latihan." "Mereka hanya menjaga kondisi fisik saja," lanjutnya.

Pihak PSSI juga mewacanakan TC di luar negeri bagi Timnas Indonesia U19. Namun, untuk sekarang skuad Garuda Muda masih harus fokus dengan TC yang diadakan di dalam negeri. TC di Jakarta ini dapat juga digunkan sebagai persiapan para pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di luar negeri kelak.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *