Wed. Oct 5th, 2022

Salah satu keilmuan yang banyak diminati adalah manajemen. Ketika kamu mempelajari ilmu manajemen artinya akan belajar bagaimana menjadi seorang “pengendali”. Dalam hal ini mengendalikan sebuah perusahaan, baik dalam kegiatan maupun kebijakan perusahaan, organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan dan kepegawaian, manajemen produksi, pemasaran, administrasi, hingga organisasi nirlaba.

Dalam tingkat perguruan tinggi, jurusan manajemen menjadi bidang keilmuan yang cukup favorit. Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari tentang seluk beluk aktivitas dalam perusahaan atau korporasi, yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat ketika menjadi seorang lulusan manajemen, misalnya saja adalah jenjang karir yang menjanjikan. Beberapa keuntungan lainnya adalah:

  1. Peluang kerja lebih besar, karena pada setiap bidang karier membutuhkan seorang manajer.
  2. Setiap lini perusahaan membutuhkan seseorang dengan kemampuan manajerial
  3. Lulusan manajemen dapat bekerja dalam industri apapun
  4. Sumber referensi ilmu manajemen sangat luas sehingga bisa mempelajari lebih dalam dengan mudah.
  5. Memiliki kesempatan luas untuk terus mengembangkan diri di berbagai bidang keilmuan.

Ketika memutuskan mengambil jurusan manajemen, kamu akan mempelajari bagaimana mengelola sebuah perusahaan, baik itu dalam segi finansial, operasional, promosi, ataupun struktur organisasinya.

Kamu bisa memilih beberapa elemen ketika mendalami ilmu manajemen, misalnya manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen organisasi, manajemen operasi, manajemen pendidikan, dan lainnya. Belajar manajemen di perguruan tinggi umumnya akan memakan waktu selama 4 tahun atau 8 semester. Jika lulus akan memiliki gelar Sarjana Manajemen atau Sarjana Ekonomi.

Dengan banyaknya peminat jurusan ini, banyak juga perguruan tinggi yang menyediakan jurusan manajemen sebagai salah satu pilihan studi di kampus mereka. Jika kamu tertarik  mendalami ilmu manajemen, coba lakukan riset pada kampus-kampus yang memiliki jurusan ini.

Salah satu kampus bisnis terbaik di Indonesia yaitu Universitas Prasetiya Mulya, juga menawarkan manajemen sebagai salah satu program studinya. Terdapat 9 Program Sarjana untuk mengakomodir kebutuhan program pendidikan di bidang bisnis dan manajemen bagi putra-putri Indonesia, salah satunya adalah S1 Manajemen Bisnis. Universitas Prasetiya Mulya memberikan pendidikan akademik dan non-akademik yang mendukung penguasaan dan pengembangan ilmu para lulusannya, agar dapat terjun langsung ke industri, maupun berkarya sebagai pengusaha.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *