Menurutmu, Mengapa Para Pecalang Itu Mau Menjaga Keamanan Umat Islam? Buku Tematik Tema 5 Kelas 5

Berikut kunci jawaban soal 'Menurutmu, Mengapa Para Pecalang Itu Mau Menjaga Keamanan Umat Islam?' Pertanyaan tersebut merupakan soal nomor satu di halaman 120 buku tematik kelas 5 SD tema 5 subtema 3 pembelajaran 3. Selain jawaban dari soal tersebut, artikel ini juga terdapat kunci jawaban tema 5 kelas 5 SD halaman 114 115 116 117 119 120 121.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri. Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Dari artikel tersebut, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf.

Lalu, carilah informasi penting dari setiap paragraf tersebut. Tuliskan tugas itu di dalam tabel di bawah ini. Paragraf 1 Pikiran utama: Letak geografis Indonesia Informasi penting: Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua.

Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Paragraf 2 Pikiran utama: Pengaruh letak Indonesia Informasi penting: Letak yang sangat strategis memberikan pengaruh sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Paragraf 3 Pikiran utama: Indonesia negara kepulauan Informasi penting: Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah.

Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional. Kesimpulan Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Letak yang sangat strategis memberikan pengaruh sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah. Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional. ***

Berdasarkan bacaan tersebut atau sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara negara lain di sekitar? Indonesia memandang negara di sekitar sebagai kerabat.

Bangsa Indonesia menyadari bahwa negara negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. 2. Apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat? Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya.

Masyarakat Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya. 3. Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat? Kehidupan budaya masyarakat diwarnai dengan keanekaragaman budaya yang memiliki ciri khas masing masing.

4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah? Kebudayaan daerah merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas daerah. 5. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerah Indonesia!

Kesenian daerah, tarian, pakaian tradisional, rumah adat, dan makanan khas. 6. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerahmu! Jawaban menyesuaikan bentuk budaya di daerah tinggal peserta didik.

*** Bacalah kembali dengan saksama artikel di atas dan amatilah gambarnya. Lalu, diskusikanlah pertanyaan berikut ini bersama dengan teman sebangkumu. 1. Pada gambar di atas, polisi adat Bali yang dinamakan pecalang ikut membantu masyarakat Muslim untuk menjalankan sholat tarawih di salah satu masjid di Bali. Masyarakat Muslim di Bali kebanyakan adalah masyarakat pendatang yang berasal dari daerah di luar Bali. Misal dari Jawa, Makasar, atau Sumbawa, yang memiliki kehidupan sosial dan budaya yang berbeda.

A. Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau menjaga keamanan umat Islam? Karena pecalang memiliki kewajiban menjaga keamanan tanpa memandang perbedaan terutama terkait agama. B. Apakah manfaat yang mereka dapatkan dengan membantu masyarakat Muslim manjalankan ibadah agamanya?

Manfaatnya dapat menciptakan suasana damai, mempererat tali silaturahmi antarumat beragama, dan menciptakan kerukunan dan keamanan. C. Apakah manfaat yang diperoleh masyarakat Muslim di Bali dengan adanya pecalang tersebut? Masyarakat Muslim dapat menjalankan ibadah dengan tenang, aman, dan lancar.

D. Catatlah hasil diskusimu dalam bentuk peta pikiran. Sesuai dengan hasil diskusi peserta didik. ***

1. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan sosial masyarakat? Bangsa Indonesia menjadi terbuka dan menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitar. 2. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan budaya masyarakatnya?

Kehidupan masyarakat diwarnai dengan keanekaragaman budaya daerah yang memiliki ciri khas masing masing. 3. Jelaskan manfaat persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat tinggalmu! Lingkungan menjadi aman dan damai, kegiatan kegiatan masyarakat terselenggara dengan lancar, tercipta sikap saling tenggang rasa.

*** Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Karitas, Diana Puspa. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karitas, Diana Puspa. 2017. Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Leave a Reply