Sat. Feb 4th, 2023

Eksim merupakan masalah kulit yang mengganggu dan bisa semakin parah jika tidak segera diatasi. Eksim membuat penderita merasakan gatal dan terus menggaruknya. Eksim bisa terjadi di bagian kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Berikut ini penyebab terjadinya eksim kering di tangan dan tips mengatasinya.

Penyebab Eksim Kering di Kulit

1.     Mutasi Genetik

Terjadinya mutasi genetik pada lapisan kulit. Mutasi gen filaggrin membuat tubuh tidak memproduksi sesuai kebutuhan, akibatnya membuat bagian pelindung kulit menjadi lemah. Kondisi kulit seperti ini membuat kuman mudah masuk dan akhirnya mengalami eksim.

2.     Sistem Imun

Penyebab eksim juga bisa karena kondisi sistem imun yang bermasalah. Saat sistem imun bereaksi berlebihan terhadap berbagai zat penyebab alergi maka kulit akan mengalami eksim jika tidak membaik.

3.     Pemicu Alergi

Eksim juga dapat disebabkan karena berbagai faktor pemicu alergi. Bisa debu, makanan, atau cuaca. Penting sekali untuk Anda menghindari faktor pemicu ini. Biasanya akan diketahui jika sudah memiliki riwayat alergi jadi dapat segera diatasi.

Tips Mengatasi Eksim Kering

1.     Jangan Digaruk

Saat mengalami eksim sebisa mungkin untuk tidak digaruk. Iritasi bisa semakin parah dan memperburuk kondisi kulit jika terus menerus digaruk. Apa lagi kondisi tangan yang tidak bersih mengandung kuman hingga bisa berisiko infeksi.

2.     Gunakan Pelembap

Eksim kering di tangan yang terjadi dapat diatasi dengan menggunakan pelembap. Kandungan pelembap akan menutrisi kulit. Penting menggunakan pelembap secara rutin di pagi dan malam hari sebelum tidur. Kulit yang ternutrisi dengan pelembap hypoallergenic.

3.     Konsultasi ke Dokter

Tips mengatasi eksim ini dengan melakukan konsultasi ke dokter apa cara yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda. Pengobatan dengan fototerapi yang tekniknya menggunakan sinar ultra violet (UV). Manfaat sinar ini membantu tubuh merespon reaksi yang sedang terjadi, sehingga tidak mudah terkena eksim. Pengobatan ini dilakukan dengan 2 sampai 5 kali hingga kondisi kulit membaik.

Perawatan kulit eksim kering di tangan bisa dengan menggunakan produk dari La Roche-Posay Lipikar Fluide. Ada kandungan Niacinamide yang dapat menenangkan kulit. Lotion yang teksturnya ringan dan mudah menyerap, sehingga nyaman sekali untuk digunakan setelah mandi tanpa mengganggu aktivitas.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *