Wed. Oct 5th, 2022

Beberapa dari Anda pasti pernah mengalami sakit pinggang sebelah kanan. Sakit pinggang di area yang spesifik seperti contohnya di bagian kiri atau bagian kanan memang sangatlah mengganggu. Sakit pinggang tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Salah satunya yaitu dikarenakan cedera ataupun permasalahan pada otot.

Apa Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan?

Mengalami gangguan berupa sakit punggung sebelah kanan tentu akan membuat Anda merasa kurang nyaman. Terlebih lagi jika sakit tersebut sudah dirasa terlalu parah. Dipastikan di sini kegiatan Anda sehari-hari, baik itu sekolah ataupun bekerja akan terganggu.

Maka dari itulah penting untuk segera mengatasi permasalahan sakit pinggang di area sebelah kanan tersebut. Namun sebelum itu tentunya Anda harus mengetahui lebih dahulu apa saja faktor penyebab yang bisa mengakibatkan nyeri punggung di sebelah kanan tersebut.

Saraf Terjepit

Penyebab mengapa Anda mengalami gangguan sakit pinggang sebelah kanan yaitu dikarenakan saraf terjepit. Gangguan kesehatan tersebut seringkali terjadi di bagian tulang belakang khususnya di daerah tulang belakang bagian bawah atau lumbal.

Itulah kenapa di sini saraf terjepit sering kali disertai dengan rasa sakit pinggang. Saraf terjepit itu sendiri disebabkan oleh tulang belakang yang mulai rapuh oleh karena penuaan. Selain itu juga kebiasaan mengangkat beban yang terlalu berat juga akan mengakibatkan saraf terjepit dan sakit pinggang di area sebelah kanan.

Infeksi Pada Saluran Kemih

Infeksi yang terjadi di bagian kandung kemih atau retra seringkali disertai dengan rasa sakit pinggang. Biasanya sakit pinggang oleh karena infeksi saluran kemih terjadi ketika seseorang buang air kecil. Risiko terjadi sakit pinggang dikarenakan infeksi saluran kami cukup tinggi pada kaum perempuan.

Cacar Ular

Cacar ular bisa juga menjadi salah satu penyebab mengapa Anda mengalami sakit pinggang di area sebelah kanan. Sistem imun yang lemah serta penuaan dinilai sebagai salah satu penyebab utamanya.

Jika di sini Anda mulai merasakan sensasi terbakar utamanya di bagian pinggang tapi tidak ada kelainan kulit sama sekali, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan Anda mengalami cacar ular.

Penyempitan Pada Tulang Belakang

Penyebab berikutnya yaitu dikarenakan penyempitan di bagian tulang belakang. Umumnya sakit pinggang oleh karena penyempitan tulang belakang tersebut akan makin terasa ketika Anda melakukan aktivitas. Penuaan juga bisa jadi salah satu penyebab utama mengapa sakit pinggang tersebut terjadi.

Gangguan Pada Pankreas dan Hati

Oleh karena lokasi dari pankreas dan hati berada di bagian perut sebelah kanan, kelainan yang terjadi pada kedua organ tersebut juga akan menjalar hingga ke bagian pinggang sisi kanan. Penyebabnya pun sangatlah beragam yaitu bisa dikarenakan gangguan yang terjadi pada saluran empedu atau bisa juga karena infeksi.

Umumnya sakit pinggang yang dirasakan juga disertai muntah, mual, mata kuning bahkan hingga urine yang memiliki warna gelap.

Itulah tadi beberapa penyebab mengapa Anda mengalami sakit pinggang di sebelah kanan. Penjabaran di atas sangatlah penting untuk Anda pahami kemudian Anda waspadai. Anda harus memperkaya pemahaman mengenai berbagai macam penyebab yang terjadi agar Anda bisa melakukan kegiatan antisipasi sebelum nantinya terjadi sesuatu yang fatal.

Maka dari itulah selain Anda memiliki pemahaman yang cukup baik, gaya hidup sehat serta aktif bergerak agar tubuh yang sehat kuat dan bugar juga tak kalah penting di sini. Anda perlu mempraktekkan sejak dini dan jangan pernah menunda-nunda.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *