Sering Dapat DM Berisi Tawaran Donor Vidi Aldiano Kini Jadi Vegetarian Hidup dengan Satu Ginjal

Penyanyi Vidi Aldiano menceritakan perjuangannya hidup dengan satu ginjal. Seperti yang diketahui, Vidi Aldiano divonis menderita kanker ginjal stadium tiga. Pelantun lagu Nuansa Bening ini pun sempat menjalani pengobatan di sebuah rumah sakit.

Bahkan Vidi Aldiano juga mengambil tindakan demi mencegah penyakit kanker ginjalnya semakin parah. Vidi Aldiano memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan ginjal. Hal ini membuat dirinya hidup dengan mengandalkan satu ginjal.

Banyak perubahan yang dilakukan kekasih Sheila Dara Aisha ini setelah menjalani pengobatan untuk penyakitnya. Vidi Aldiano kini juga mulai mengubah pola makan demi menjaga kesehatan. Hidup dengan satu ginjal, Vidi Aldiano mengakui banyak yang menawarkan donor ginjal kepadanya.

Vidi Aldiano lalu menceritakan kisah dan perjuangannya yang kini hidup dengan satu ginjal kepada Nikita Willy dan Indra Priawan. Vidi Aldiano memilih menjadi vegetarian setelah dokter melarangnya mengonsumsi daging merah. Pelantun lagu "Bertahan Lewati Senja" ini harus lebih menjaga asupan makanan setelah ginjalnya diangkat.

"Gue vegetarian sekarang karena gue itu kan sempat sakit, ginjal gue sekarang tinggal satu. So, diet diet makanan gue semuanya yang enggak memperparah ginjal satu gue ini," kata Vidi Aldiano seperti dikutip dari video Nikita Willy Official, Jumat (4/12/2020). Plant based diet akhirnya menjadi pilihan Vidi Aldiano untuk menyesuaikan asupan makanan demi menjaga kondisi kesehatannya.

Vidi Aldiano tak berencana melakukan transplantasi ginjal. Penyanyi berusia 30 tahun ini lebih memilih menjaga pola makan dan gaya hidupnya meski memiliki satu ginjal. Menurut dokter, manusia masih bisa hidup dengan mengandalkan satu ginjal di dalam tubuhnya.

Oleh sebab itu, opsi melakukan transplantasi atau pencangkokan masih tidak terpikirkan Vidi. "Biasanya kalau sudah living with one kidney, makanya banyak yang donor ginjal, karena kalau satu ginjalnya masih sehat, itu enggak apa apa. So far insya Allah gue jangan perlu (transplantasi ginjal)," ucapnya.

Sejak pertama kali melakukan operasi pengangkatan ginjal, Vidi Aldiano kerap mendapat tawaran donor melalui direct message (DM). Dengan penuh rasa syukur, Vidi Aldiano mengucapkan terima kasih kepada para followers yang berusaha mendonorkan ginjal kepadanya. "Terima kasih buat semua yang udah nge DM gue setiap hari, siapapun kalian, siapapun mereka, tapi gue belum butuh dan jangan sampai butuh ginjal lagi," kata Vidi.

Beberapa di antaranya bahkan tak meminta imbalan uang saat mendonorkan ginjalnya. Mereka hanya ingin agar Vidi Aldiano tetap sehat dan bisa terus berkarya. Jumat 13 Desember 2019 lalu Vidi Aldiano menyampaikan kabar kurang mengenakkan seputar kesehatannya.

Melalui sebuah video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Vidi Aldiano menyampaikan kabar bahwa dirinya mengidap kanker ginjal. Awalnya pelantun lagu Nuansa Bening ini mengira ada kista di ginjalnya. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal.

Vidi Aldiano pun menjalani operasi di Singapura untuk pengobatan penyakitnya tersebut. Vidi Aldiano menjalani operasi untuk penyakit kanker ginjalnya pada Sabtu 14 Desember 2019 lalu. Melalui sebuah postingan di akun Instagram pribadinya, Vidi Aldiano membagikan kondisinya pascaoperasi.

Empat hari setelah operasi, Vidi Aldiano kembali membagikan kondisi terkininya. Begini kondisi terbaru penyanyi berusia 29 tahun tersebut setelah operasi. PenyanyiVidi Aldianoberkabar tentang kondisinya saat ini setelah menjalani operasi pengangkatan sel kanker pada ginjalnya di Singapura pekan lalu.

Vidi mengungkapkan kondisinya melalui fotur Insta Story dalam akun Instagram nya seperti dikutip Kompas.com, Selasa (17/12/2019). "Update hari ini, hari ini sudah bisa duduk, udah bisa jalan juga . Tadi jalan sudah normal sebelumnya lumayan sakit jalannya," kata Vidi. "Dan hari ini sudah pass motion and gas , which is good . Dan baru aja buka perban jadi doain semoga besok udah enggak sakit sakit lagi perbannya," sambung Vidi.

Tampak adik Vidi, Vadie Akbar menemani pelantun "Nuansa Bening" itu. Kemudian Vadie menunjukkan beberapa bunga yang berjajar di atas meja kiriman para kerabat. Vidi pun meminta doa agar dia bisa kembali ke Tanah Air untuk berkarya. "Doain ya guys bisa kembali ke Indonesia bisa berkarya lagi, jingkrak jingkrak kan di atas panggung," ucap Vidi.

Sebelumnya, melalui akun Instagram @vidialdiano, Vidi mengumumkan bahwa ia mengidapkanker ginjal. Lewat video berdurasi 2 menit 14 detik itu, Vidi terlihat tegar menyampaikan kabar itu. "Mungkin banyak yang tanya dari kemarin, kenapa gue sering bolak balik Singapura. Hari ini baru bisa kasih tahu alasannya," kata Vidi mengawali videonya seperti dikutip Kompas.com , Jumat (13/12/2019).

"Dan baru minggu lalu gue baru dapat kabar, gue punya cancer di ginjal gue. Tepatnya di ginjal kiri gue," sambung Vidi. Semua pemeriksaan telah dilakukan, hingga sampai pada keputusan terbaik untuk melakukan operasi pengangkatan kanker. Operasi tersebut dilaksanakan pada Jumat (13/12/2019) lalu.

Saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (14/12/2019), manajer Vidi, Bibit, mengatakan, penyanyi itu diharapkan bisa segera pulih agar bisa kembali ke Indonesia. "Rencana sampai Kamis di sana," kata Bibit. Setelah Vidi mengungkap penyakitnya, dia mendapat dukungan dan doa dari rekan rekannya di dunia hiburan.

Mereka membanjiri akun Instagram Vidi dengan berbagai ucapan untuk memberi semangat dan doa untuk Vidi Aldiano.

Leave a Reply