Tue. Jul 27th, 2021

Penyanyi Gisella Anastasia sempat jadi sorotan selama beberapa hari. Namanya bahkan sampai jadi trending topic di media sosial Twitter pada hari Sabtu, 7 November 2020 dini hari. Seperti diketahui, mantan istri Gading Marten tersebut kembali terseret isu video panas yang disebut sebut mirip dengan dirinya.

Sekitar setahun yang lalu, ia memang pernah terseret kasus yang sama. Kala itu, ia membantah jika pemeran wanita yang ada dalam video tersebut adalah dirinya. Namun, dalam kasus terbarunya ini, bukan pihak Gisel yang mengajukan laporan.

Seorang advokat bernama Pitra Romadoni Nasution telah melaporkan lima akun media sosial yang diduga menyebarkan video syur tersebut ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut ia ajukan pada hari Minggu, 8 November 2020. Lantas, apa saja perkembangan terbaru mengenai video syur mirip Gisel ini?

Pitra menduga bahwa akun akun yang menyebarkan adegan syur tersebut dimiliki oleh anak remaja. Bahkan yang menarik, lima akun ini merupakan akun asli, bukan akun palsu. Pitra juga merinci bahwa akun akun ini dimiliki remaja berusia 20 tahun.

"Kalau sejauh ini saya lihat dia akunrealya, menggunakan nama orang yang jelas, Kebanyakan itu anak anak remaja,"ucap Pitra. "Iya rata rata remaja, sementara itu kalau lihat wajahnya sekitar umurnya itu 20 an ke atas," sambungnya.

Pemilik akun Twitterpenyebarvideosyurmirip artisGisellaAnastasiaalias Gisel ditangkap. Penangkapan pemilik akun Twitter penyebar video syur mirip Gisel ditangkap polisi dari Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Rabu (11/11/2020) malam. Salah satu sumber di Polda Metro Jaya menyatakan, pemilik akun Twitter yang ditangkap adalah pria berinisial PP.

PP diamankan setelah penyidik melakukan gelar perkara awal kasus ini pada Rabu sore. Dalam gelar perkara itu penyidik menyimpulkan ada dugaan tindak pidana pelanggaran penyebaran video syur itu. "Pemilik akun Twitter ini yang menyebarkan video mirip Gisel itu pertama kali dan sudah ditangkap. Inisialnya PP," kata sumber tersebut di Polda Metro Jaya itu, Kamis (12/11/2020).

Saat ini, katanya, penyidik Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sudah menetapkan PP sebagai tersangka dan ditahan. Aparat Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah melakukan gelar perkara kasus penyebaran video syur mirip Gisel dan Jessica Iskandar alias Jedar, Rabu sore. Hasilnya, kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya KombesYusriYunus, penyidik menyimpulkan ada dugaan tindak pidana dalam penyebaran video itu.

Berdasarkan UU ITE dan UU Pornografi, jelasYusriYunus, ada dugaan pelanggaran atau tindak pidana dalam viralnya dia video syur mirip artis tersebut. "Pelapor dan saksinya sama, saksi ahli yang dimintai keterangan juga sama, dan pasal yang disangkakan untuk dua kasus video itu sama," kataYusriYunus. Roy Suryo ingin menguji kemiripan antara pemeran dalam video dengan Gisel..

Hasil analisanya pun ia ungkapkan dalam video yang diunggah di kanal Youtube Cumicumi, Kamis (12/11/2020). Roy Suryo menganalisis menggunakan metode ilmiah dalam pengujiannya. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan cara face comparator atau metode pembandingan dua wajah.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini membandingkan wajah pemeran wanita dalam video dengan foto pribadi Gisella Anastasia. Roy Suryo yang mengambil foto Gisel dari laman Instagram pun membandingkannya dengan pemeran wanita di video panas menggunakan sebuah aplikasi. Beberapa bagian tubuh seperti mata, hidung, hingga ukuran mulut pun dibandingkan dengan matrix.

"Dari IG dia itu kita mencoba mencari profil dia. Kemudian diproporsikan dari video itu. Kemudian dibandingkan dengan matrix. Artinya itu diperbandingkan, mata dengan mata, hidung dengan hidung, ukuran mulut, dan lain sebagainya. Kemudian dimasukkan dalam software, ada banyak software, salah satunya adalah face comparation," ungkap Roy Suryo.

Setelah menunggu perbandingan, Roy Suryo pun mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, kemiripan antara Gisel dengan pemeran wanita di video panas tersebut di atas 70 persen. "Hasilnya ketemu, antara 72%, ada yang 74%," ujar Roy Suryo.

Tentu saja angka tersebut tak didapat Roy Suryo dengan cara mengada ada. Pakar telematika berusia 52 tahun ini membacakan hasil dari serangkaian metode ilmiah yang telah dilakukan. Roy Suryo pun menegaskan bahwa ia tak mau membesar besarkan angka dan memang begitulah fakta dari hasil penelitiannya.

"Hipotesis saya sebesar 72% 74% yang menyatakan bahwa sosok wanita dalam video 19 detik itu adalah kalau kita uji dari sampel artis GA, itu hasilnya 72 74%. 72% 74% itu bukan mengada ada, tapi bukan juga angka yang kecil. Karena itu adalah angka akurat atau ilmiah. Saya tidak mau membesar besarkan angka. Faktanya begitu," papar Roy Suryo. Tak hanya menggunakan satu metode, Roy Suryo juga mencoba membuat pengujian lain.

Kali ini ia melakukan penelitian dengan metode face merge. Face merge yakni sebuah metode yang dilakukan dengan menggabungkan dua wajah yang ada. Lagi lagi Roy Suryo mendapat hasil yang mengejutkan dari analisanya.

Ketika menyatukan wajah Gisel dengan pemeran wanita dalam video, hasil yang didapatkan yakni match. "Yang menarik adalah, artis GA ini kalau diperbandingkan dengan video yang ada, ini ternyata bentuk bibirnya, menjadi match. Saya hanya bisa mengatakan demikian," ujar Roy Suryo lebih lanjut. Roy Suryo pun memberikan saran guna keperluan analisa mendalam dari pihak kepolisian.

Bahwa tahi lalat, warna mata bisa jadi petunjuk utama. Lalu warna kulit juga bisa petunjuk awal untuk diuji lebih lanjut "Kalau pada awal Kita baru bisa mengatakan ini mirip. Sekarang sebenarnya bukan soal mirip lagi, tetapi sampel ini sudah bisa digunakan sebagai petunjuk untuk kepolisian," beber Roy Suryo. "Hasil ini bisa, atau layak kemudian kalau kepolisian ingin menindaklanjuti dengan pengujian secara fisik. Saya enggak mau menyimpulkan apakah ini ya atau tidak. Kita harus menghormati azas praduga tak bersalah," pungkas Roy Suryo.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *