Virus Ini Tak Pandang Bulu Persepsi Sebagian Masyarakat Tak Mungkin Tertular Covid-19 Satgas

Satuan Tugas Penanganan Covid 19 menyoroti soal temuan Badan Pusat Statistik (BPS) RI yang mencatat ada 17 persen responden berpersepsi tak mungkin tertular Covid 19. Satgas berpendapat, temuan ini menjadi tugas siapa saja untuk melakukan penyadaran bahwa Covid 19 tidak pandang bulu. "Siapa pun akan terkena kalau memang kita melakukan perilaku yang tidak mengikuti prosedur di masa pandemi ini," kata Tim Pakar Satgas Penanganan Covid 19 Turro Wongkaren dalam dialog publik di kanal Youtube, Kamis (1/10/2020).

Terlebih, menurut Turro, harus dilihat juga, siapa, mengapa, dan ide macam apa yang menyebabkan masih ada yang berpendapat tak akan mungkin terkena Covid 19. Pasalnya, masyarakat Indonesia beragam, sehingga menimbulkan pemahaman akan informasi juga berbeda. "Ada beberapa yang memang karena mendapatkan informasi yang salah. Tetapi ada juga yang mereka mengatakan ‘oh itu (virus Covid 19) bukan untuk saya, itu hanya menyerang orang orang yang entah itu kaya atau entah menyerang orang orang kelompok tertentu,” ujar Turro.

Sementara merujum data, Turro mengatakan orang yang berpersepsi tak mungkin tertular Covid 19 biasanya usia muda dan laki laki. "Mereka menganggap mungkin ‘ah saya kan masih muda, saya nggak akan terkena itu. Nah ini berarti kitamestimembuat strategi strategi yang menyasar dengan baik,” pungkas Turro.

Leave a Reply