Wed. Oct 5th, 2022

Hidup di zaman serba modern seperti sekarang ini, ternyata masih ada sebagian orang yang beranggapan bahwa memiliki asuransi  bukanlah merupakan hal penting untuk dimiliki. Padahal jika melihat fakta di kehidupan sebenarnya, asuransi ini memiliki manfaat yang begitu besar bagi kehidupan seseorang. Cara mendapatkannya pun mudah, misalnya saja asuransi online Allianz Optimal yang bisa dibeli secara online, dengan manfaat untuk rawat jalan dan rawat inap. Bagi Anda yang mungkin belum memiliki asuransi, alangkah lebih baiknya menyimak informasi seputar definisi dan manfaat asuransi di bawah ini.

 

Sekilas definisi mengenai asuransi 

Asuransi umumnya merupakan bentuk perjanjian dua belah pihak antara pihak tertanggung (nasabah/pemilik asuransi/pengguna) dengan pihak penanggung (perusahaan asuransi). Nantinya, asuransi ini akan berjalan jika pihak tertanggung dapat membayar iuran atau dikenal dengan istilah premi setiap bulan kepada pihak penanggung.

Dalam asuransi terdapat tiga unsur utama yakni berupa polis, premi, dan klaim asuransi. Agar lebih paham, Anda bisa melihat penjabaran dari ketiga unsur utama asuransi tersebut berikut ini:

  • Polis: dokumen perjanjian kedua pihak (nasabah dan perusahaan asuransi) yang berisi manfaat, jumlah premi, risiko dan lain sebagainya.
  • Premi: iuran yang harus dibayarkan tiap nasabah kepada perusahaan asuransi dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.
  • Klaim: proses pengajuan resmi kepada perusahaan asuransi ketika terjadi risiko tertentu yang dialami pihak nasabah.

Manfaat asuransi bagi nasabah

Seseorang penting memiliki asuransi dalam kehidupan sehari–sehari lantaran bermanfaat untuk beberapa hal, seperti berikut ini :

  • Terbebas dari kecemasan

Manfaat utama memiliki asuransi yakni dapat terbebas dari rasa cemas dan khawatir akan risiko tertentu di masa mendatang. Hal ini karena,  adanya asuransi ini nantinya bisa digunakan untuk melindungi serta menjamin aset atau harta benda dari risiko yang terjadi kelak. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

  • Membantu mengatur keuangan

Asuransi juga bisa menjadi pilihan paling tepat dalam membantu mengatur keuangan keluarga. Sebab dengan asuransi, maka otomatis nasabah akan membayar tagihan premi asuransi setiap jangka waktu tertentu. Tentu saja, ini akan menjadikan mereka bisa belajar mengelola pendapatan dengan cermat untuk melunasi premi secara tepat waktu, bukan?

  • Sebagai jaminan perlindungan

Membeli asuransi juga akan memberikan Anda manfaat yakni berupa jaminan perlindungan. Untuk perlindungan disini, bisa Anda peroleh sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih. Sebagai contoh ketika Anda membeli asuransi kesehatan, maka Anda nantinya akan memperoleh jaminan perlindungan kesehatan. Hal inilah yang juga berlaku pada jenis jenis asuransi lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Itulah tadi ulasan lengkap yang bisa Anda pahami seputar definisi dan juga manfaat dari asuransi. Apabila Anda tertarik untuk membeli asuransi, maka Anda bisa percayakan pada asuransi online Allianz Optimal sekarang juga.

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *