Mon. Oct 18th, 2021

Investasi ini sangatlah penting dilakukan sejak awal untuk mempersiapkan kebutuhan yang terencana maupun yang tidak terencana di masa depan. Dengan melakukan investasi, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu membuka bisnis sendiri. Investasi merupakan suatu tindakan menanamkan sumber daya atau modal yang kita miliki dengan harapan bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih besar di masa yang akan datang. 

Semakin cepat Anda memulai berinvestasi, maka keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin besar karena adanya efek compunding. Selain mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa depan, investasi juga dapat melindungi aset yang Anda miliki dari ancaman inflasi. Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa jenis investasi selain p2p lending paling menguntungkan yang dapat Anda pilih.

Saham

Main saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jika Anda membeli saham suatu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, maka Anda bertindak sebagai pemegang saham dari perusahaan tersebut dan memperoleh hak atas dividen sebesar persentase saham yang Anda miliki di perusahaan tersebut. 

Selain hak atas dividen, Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga penjualan saham. Sifatnya yang likuid dan mudah diperjualbelikan tentunya menguntungkan bagi Anda ketika Anda ingin mengalihkan saham tersebut kepada orang lain pada saat harga saham Anda sedang naik.

Dari segi keuntungan, investasi jenis saham menawarkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Namun, dengan adanya sifat high return, investasi saham juga berisiko tinggi karena harganya yang fluktuatif dan sangat bergantung pada keadaan ekonomi, politik, maupun keadaan tertentu seperti hari raya.

Reksa Dana

Definisi reksa dana dapat ditemui di Undang-Undang No. 8/1995 tentang Pasar Modal, yang artinya adalah wadah yang dipergunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh manajer investasi. 

Dalam hal ini, Anda sebagai investor hanya perlu menyediakan modal yang kemudian modal tersebut dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan dalam portofolio efek. Portofolio efek yang dimaksud terdiri atas produk-produk pasar uang, obligasi, maupun saham.

Deposito Berjangka

Membuka deposito berjangka di Bank merupakan jenis investasi lainnya yang bisa Anda pilih. Investasi deposito berjangka ini memiliki bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa, dan memiliki tanggal jatuh tempo yang jelas, biasanya 3 (tiga) bulan hingga 12 (dua belas) bulan. Di mana, jika Anda mencairkan dana sebelum tanggal jatuh tempo yang ditentukan, Anda akan dikenakan penalti oleh Bank yang bersangkutan. 

Semakin lama dan semakin besar nominal uang yang Anda tabung sebagai deposito, maka semakin besar juga keuntungan yang akan Anda dapatkan. Bukan hanya itu, jenis investasi ini juga menjadi salah satu investasi yang memiliki risiko rendah dan terbilang aman. Untuk melakukan deposito  juga dianggap cukup mudah dan tidak rumit, sehingga banyak investor pemula yang memulai investasinya dengan membuka deposito.

Itulah beberapa jenis investasi yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh keuntungan yang besar. Semoga bermanfaat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *