Fri. Sep 24th, 2021

Hasil Liga Spanyol pekan 20 berakhir sanjungan kepada Frenkie de Jong yang berandil besar dalam kemenangan Barcelona. Barcelona berhasil meraih kemenangan dengan dua gol tanpa balas ketika bertemu tuan rumah Elche, Minggu (24/1/2021) malam. Tersaji di Estadio Martínez Valero, Frenkie de Jong menjadi aktor kemenangan dengan satu gol dan satu asisstnya.

Gelandang asal Belanda ini memecahkan kebuntuan Blaugrana (julukan Barcelona) terlebih dahylu dengan golnya di menit 39. Aksi Frenkie de Jong kembali berlanjut pada menit 89 dengan mengirimkan asisst kepada Ricard Puig untuk menggandakan keunggulan Blaugrana. Gol Puig memastikan Barcelona meraih kemenangan dan berhak naik ke posisi 3 menggeser Sevilla dengan keunggulan 1 poin.

Adapun Elche masih tertahan di posisi 19 zona degradasi dengan koleksi 18 poin yang dimilikinya. Peran krusialnya pun dipuji Ronald Koeman selaku pelatih Barcelona dan menyebut de Jong mulai terlihat dalam segi perkembangan. Menurutnya, kebuntuan tiga penyerang dapat teratasi dengan adanya gelandang kreatif dan itu ada dalam diri de Jong.

Peran gelandang kreatif dinilai sukses diperankan oleh pemain yang didatangkan dari Ajax tersebut. "Kami tahu kami memiliki tiga penyerang, tapi itu tidak cukup. Itu cukup untuk menciptakan peluang; untuk mencetak gol, Anda perlu gelandang masuk ke kotak juga dan dia melakukannya dengan sangat baik," kata Ronald Koeman dikutip dari laman Sportsmole. "Dia memberikan tim lebih berkualitas jika dia mencapai kotak lawan dan memberikan assist dan mencetak gol.

"Itulah yang kami butuhkan, apa yang dia butuhkan, tapi itulah perkembangan pemain yang berjalan sangat cepat," terang Koeman. Sejak awal babak pertama dimulai, Barcelona langsung tampil menekan pertahanan tuan rumah Elche. Terbukti baru menit ketujuh, Barcelona mendapatka sepak pojok yang pertama dalam laga ini.

Bola hasil tendangan sudut Barcelona yang mengarah kepada Ronald Araujo gagal dimaksimalkannya. Peluang Araujo untuk membuka keunggulan Barcelona pun akhirnya gagal. Menit 11 Barcelona kembali mendapatkan peluang kali ini melalui tendangan bebas yang berada di dekat penalti tuan rumah.

Ousmane Dembele yang mengambil tendangan bebas tersebut langsung mengirimkan bola ke dalam kotak penalti. Namun kiper Elche Edgar Badia berhasil ke luar dari gawang dan menangkapnya dengan sempurna. Memasuki menit 20, Barcelona nampak masih menguasai jalannya pertandingan dan terus melakukan tekanan.

Menit 24 Barcelona mendapatkan tendangan bebas kedua pada pertandingan kali ini. Tendangan bebas yang masih dipercayakan kepada Ousmane Dembele ini berada lumayan jauh dari area pertahanan Elche. Pelung Dembele kali ini juga masih berhasil dimentahkan lini pertahanan Elche yang berhasil menghalaunya.

Lima menit berselang, Barcelona menebar ancaman melalui overlap yang dilakukan Jordi Alba. Tepatnya menit 29 Jordi Alba melepaskan tembakan voli dari batas kotak penalti dengan memanfaatkan bola rebound. Bola hasil tendangan Jordi Alba pun masih melebar tipis dari tiang kiri gawang Edgar Badia.

Blaugrana nampak masih buntu dalam usahanya menyerang dan belum mendapatkan kesempatan seperti peluang Jordi Alba. Sergio Busquets pun mencoba peruntungannya dengan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti menit 35. Gelandang asal Spanyol ini melepaskan tembakan dari luar kotak penalti usai mendapatkan umpan dari Frenkie de Jong.

Usaha tembakan spekulasi Busquets dari luar kotak penalti masih mengarah tepat di dalam dekapan kiper lawan. Beberapa menit berselang, Barcelona akhirnya bisa mencetak gol keunggulan pada pertandingan tandangnya. Frenkie de Jong keluar sebagai pemecah kebuntuan Barcelona dengan golnya di menit 39.

Ia berhasil mencetak gol dengan memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Pedri. Gol de Jong menutup jeda babak pertama dengan keunggulan Barcelona 0 1 atas tuan rumah Elche. Memasuki babak kedua, Barcelona membuat sejumlah pergantian untuk menambah keunggulan.

Dua pemain dimasukan Ronald Koeman yakni Trincao bersama Ricardo Puig masuk menggantikan Dembele dan Pedri. Puig yang masuk menit 87 sukses menggandakan keunggulan Barcelona menjadi 2 0. Tepatnya menit 89 Puig menggandakan keunggulan Barcelona memanfaatkan umpan dari de Jong.

Gol Puig menutup pertandingan ini dengan kemenangan Barcelona 0 2 atas sang tuan rumah Elche.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *