Mon. Jun 21st, 2021

Aparat kepolisian melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan guna mencegah penularan Covid 19 di wilayah tersebut seiring ditemukannya kasus positif Covid 19 ketika kerumunan massa terjadi saat penyambutan Habib Rizieq Shihab dan acara Maulid Nabi di markas Front Pembela Islam (FPI). Cairan disinfektan disemprotkan dengan menggunakan mobil water cannon.

Kawasan yang sempat menjadi tempat berkumpulnya warga itu disterilisasi Polda Metro Jaya, Minggu (22/11/2020) pukul 15.00 WIB. Dua mobil water cannon berkeliling di Jalan KS Tubun. Mereka berjalan di Jalan KS Tubun arah Tanah Abang maupun Jalan KS Tubun arah Slipi.

Semua sisi jalan disemprot cairan disinfektan tidak terkecuali pintu masuk Jalan Petamburan III. Sebuah mobil polisi juga terus berkeliling sambil memberikan imbauan protokol kesehatan. "Seluruh warga diharapkan patuhi protokol kesehatan. Selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak," ujar polisi memakai pengeras suara dari mobil.

Kepala Team II Pemburu Preman (Katim PP), Ipda Ivan Pradipta mengatakan rencananya Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurahman dijadwalkan hadir dalam giat tersebut. "Kalau dari kami kerahkan 15 anggota. Mereka dikerahkan dalam rangka pengamanan kegiatan kunjungan Kapolda dan Pangdam serta penyemprotan saja," jelas Ivan. Namun demikian, selain Polres Metro Jakarta Barat, Polres Metro Jakarta Pusat, dan anggota Brimob Polda Metro Jaya juga berjaga di Petamburan.

"Ada Brimob dan juga personel Polres dan Polsek lainnya yang jaga di sini," katanya. Pantauan Wartakotalive.com, penyemprotan cairan disinfektan berlangsung kondusif. Tidak ada perlawanan warga dari upaya sterilisasi tersebut.

Wilayah yang terkenal sebagai markas FPI itu terpantau ramai lancar saat sterilisasi berlangsung. Jalan KS Tubun saat penyemprotan hanya dipenuhi awak media. Selain penyemprotan, Polda Metro Jaya juga adakan rapid test massal di Jalan Petamburan IV. Diketahui sebelumnya Jalan KS Tubun sempat menjadi titik perkumpulan massa di bulan November ini.

Pertama terjadi Selasa (10/11/2020) saat penyambutan kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Keramaian kedua terjadi saat peringatan maulid nabi dan akad pernikahan putri bungsu Rizieq Shihab.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *