Tue. Jan 18th, 2022

Bagi Anda yang baru saja beli mobil matic, mungkin mengira mobil matic dan manual sama saja. Memang secara umum keduanya tidak berbeda, tetapi sebenarnya ada berbagai hal penting yang harus Anda ketahui mengenai mobil matic. Terutama jika Anda baru mau mempelajari cara mengemudikan mobil matic yang baru dibeli tersebut.

1.      Pastikan Tuas pada Posisi Parkir

Langkah pertama, Anda harus memastikan tuas ada pada posisi N atau P. Bukan dalam posisi R yang berarti mundur. Karena mobil matic hanya dapat Anda hidupkan ketika posisi tuasnya pada P atau N. Tuas P artinya parkir, sedangkan tuas N artinya berhenti sebentar. Banyak yang menyarankan untuk memindahkan tuas pada P sebelum menyalakan mesin dengan tujuan mencegah mobil maju ke depan saat mesin dinyalakan.

2.      Jangan Langsung Menyalakan Mesin

Pada saat Anda memasukkan kunci, sebaiknya jangan langsung menghidupkan mesin. Tunggulah hingga lampu indikator menyala dan jarum berputar.Pada sebagian jenis mobil matic ada yang menimbulkan suara sebagai tanda kelistrikan dan indikator sudah menyala.

3.      Posisi Kaki

Tahap ketiga dalam tutorial belajar mobil matic adalah meletakkan kaki kanan untuk mengontrol pedal rem dan gas. Sedangkan kaki kiri Anda posisikan pada foot rest di bagian pojok kiri. Kemudian, injak pedal rem saat Anda men starter mobil untuk mencegah mobil maju.  Hindari mengemudikan mobil matic dengan 2 kaki, karena berpotensi membuat Anda menginjak kedua pedal bersamaan dalam kondisi darurat dan panik.

4.      Memajukan Mobil

Injak pedal rem sambil menggeser tuas pada posisi D dan tunggu sekitar 1-1,5 detik. Berikutnya angkat kaki dari pedal rem secara perlahan, maka mobil akan bergerak dengan perlahan. Ketika mobil mulai berjalan, injak pedal gas secara perlahan untuk meningkatkan kecepatan. Jangan pernah menginjak pedal gas dalam secara cepat karena dapat menyebabkan kerusakan.

5.      Memundurkan Mobil

Apabila Anda ingin memundurkan mobil ketika posisi tuas pada P. Injak pedal rem, kemudian geser tuas menuju posisi R. Namun, jika posisi tuas sebelumnya adalah D, maka Anda harus memastikan mobil berhenti secara sempurna dahulu. Tunggu sekitar 1-1,5 detik dan pindahkan tuas pada posisi R sambil menginjak pedal rem. Lalu angkat injakan dari pedal rem secara perlahan, maka mobil akan bergerak mundur.

6.      Menghentikan Mobil Sementara

Ketika Anda ingin menghentikan mobil sementara karena macet atau merayap, pertahankan posisi tuas di D dan kaki menginjak pedal rem. Namun, jika berhenti lumayan lama atau di lampu merah, geserlah tuas pada posisi N dan tarik rem parkir supaya mobil tidak bergerak. Jangan menahan tuas pada posisi D saat di lampu merah, karena ketika Anda tidak menyadari melepas pedal rem, mobil akan langsung melaju maju dan berpotensi menabrak kendaraan di depannya.

Informasi di atas juga penting bagi Anda yang sedang berencana untuk menjual mobil lama di https://www.mocil.id/seller. Sebab, dengan perawatan serta penggunaan yang tepat, mobil matic Anda akan lebih terjaga sehingga lebih mudah dipasarkan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *