Mon. Dec 6th, 2021

Memiliki laptop gaming yang powerful merupakan dambaan semua gamer. Namun perlu diketahui bahwa sebuah laptop gaming yang baik tidak hanya sekadar memiliki performa yang powerful. Memiliki performa yang powerful memang merupakan aspek yang sangat penting dari sebuah laptop gaming karena pengalaman gaming terbaik berawal dari performa yang bisa dilihat dari spesifikasi laptop di atas kertas. Meski demikian, perlu diingat juga bahwa melalui laptop gaming Anda bisa melakukan hal lain selain bermain game. Untuk itulah Anda harus bisa melihat sejauh mana potensi yang diberikan dari sebuah laptop gaming.

 

Sebuah laptop gaming boleh tampil sangat powerful. Namun jika tidak dilengkapi dengan opsi upgrade yang cukup maka kegunaannya akan sangat terbatas. Jika laptop tersebut tidak memiliki port yang lengkap, maka Anda tidak akan dapat menghubungkan berbagai perangkat lain untuk memaksimalkan pengalaman gaming atau skenario penggunaan lainnya. Jika tidak dilengkapi dengan teknologi layar gaming terkini maka Anda tidak akan bisa menikmati sajian grafis modern dengan baik. Jika tidak dilengkapi dengan sistem pendingin yang baik, maka performa hardware yang digunakan tidak akan dapat dihadirkan secara optimal.

 

Berbagai “persyaratan” tersebut memang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai laptop gaming premium yang dibanderol dengan harga tinggi. Sayangnya, tidak banyak laptop gaming dengan banderol harga terjangkau yang telah memenuhi berbagai “persyaratan” di atas. ASUS TUF Gaming F15 merupakan salah satu laptop gaming terjangkau yang bisa memenuhi semua ekspektasi tersebut. Bagaimana bisa?

 

Tetap Ringkas, Tangguh, dan Mudah Di-Upgrade

Meski ukuran panjang dan lebarnya sama dengan generasi sebelumnya, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru kini hadir dengan bodi yang lebih tipis. Menariknya lagi, laptop gaming tersebut kini dilengkapi dengan baterai yang lebih besar namun tetap memiliki opsi port dan upgrade yang lengkap.

 

Selain berbeda dari sisi dimensi bodi, TUF Gaming F15 (FX506) kini juga hadir dengan tampilan dan logo baru. Logo TUF Gaming kini tampil lebih simpel yang tetap menggambarkan nuansa modern sekaligus tangguh. Berbicara soal ketangguhan, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga telah mengantongi sertifikasi MIL-STD 810H yang artinya telah lolos berbagai pengujian ketahanan berstandar militer AS.

 

 

Yang paling menarik dari TUF Gaming F15 (FX506) terbaru adalah tersedianya opsi upgrade yang melimpah. Seluruh lini produk TUF Gaming F15 (FX506) terbaru hadir dengan dua slot DDR4 SO-DIMM RAM yang dapat menampung memori dengan kapasitas total hingga 32GB. Laptop gaming ini juga telah menggunakan M.2 NVMe PCIe Gen3 SSD berkapasitas 512GB dan Anda masih bisa menyematkan satu lagi M.2 PCIe SSD di laptop ini pada slot kedua yang disediakan. Dengan demikian, Anda tetap leluasa melakukan upgrade serta tetap mendapatkan opsi upgrade penyimpanan dan memori terbaik.

 

Di samping opsi upgrade yang cukup melimpah, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar dibandingkan seri pendahulunya. Kini TUF Gaming F15 (FX506) terbaru memiliki baterai berkapasitas hingga 90Whr atau sekitar dua kali lipat dari seri TUF Gaming generasi sebelumnya. Berkat kapasitas baterai yang lebih besar, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru tetap nyaman digunakan sebagai laptop gaming yang memiliki daya tahan baterai cukup panjang.

 

Dalam pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode Modern Office, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru mampu bertahan hingga lebih dari 5 jam penggunaan. Angka tersebut tergolong cukup bagus untuk sebuah laptop gaming yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari rata-rata laptop consumer mainstream meski bukan yang terbaik.

 

Agar dapat tampil lebih stylish, TUF Gaming F15 (FX506) telah hadir dengan keyboard yang mendukung fitur RGB backlit. Keyboard tersbeut juga diposisikan secara ergonomis dan mengikuti layout keyboard desktop yang sangat digemari oleh gamer. Teknologi Overstroke pada keyboard TUF Gaming F15 (FX506) juga memastikan setiap input tidak terlewatkan dan setiap tombol dapat bertahan hingga 20 juta kali tekan.

 

Port dan Fitur Audio Lengkap

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, port lengkap pada sebuah laptop gaming adalah sebuah keharusan. Port yang lengkap memungkinkan pengguna laptop gaming untuk menghubungkan berbagai perangkat lainnya. Apalagi di dunia gaming, banyak sekali perangkat tambahan yang bisa dihubungkan untuk meningkatkan pengalaman bermain, mulai dari controller, HOTAS, hingga mouse atau bahkan keyboard gaming.

 

 

Untuk itulah ASUS tetap menghadirkan TUF Gaming F15 (FX506) terbaru dengan port yang lengkap. Tidak hanya USB Type-A dan Type-C, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga dilengkapi dengan port HDMI sehingga Anda dapat lebih mudah saat menghubungkan monitor eksternal. Monitor eksternal juga dapat dihubungkan menggunakan port USB Type-C yang juga telah mendukung fitur DisplayPort. Di beberapa varian TUF Gaming F15 (FX506) terbaru, posrt USB Type-C yang digunakan bahkan mendukung teknologi Thunderbolt 4. Teknologi port tersebut memiliki bandwidth yang lebih besar untuk kecepatan transfer data yang lebih baik. Thunderbolt 4 juga mendukung penggunaan layar eksternal beresolusi tinggi yaitu hingga 8K.

 

 

TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga telah dilengkapi dengan WiFi 6 (802.11ax) yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih baik dari WiFi generasi sebelumnya. Jika Anda adalah gamer yang masih suka mengandalkan koneksi kabel, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru juga menyediakan port gigabit ethernet. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membeli dongle ekstra untuk terkoneksi menggunakan kabel.

 

Tidak hanya dari sisi port, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru secara mengejutkan juga dibekali dengan fitur audio yang lengkap. Laptop gaming ini dibekali dengan teknologi virtual 7.1 surround menggunakan DTS:X Ultra. Anda bahkan bisa mengatur sendiri pengaturan audio-nya melalui preset yang telah disediakan atau bahkan lewat equalizer yang disediakan.

 

Meski tampil sebagai laptop gaming terjangkau, TUF Gaming F15 (FX506) terbaru kini dilengkapi dengan teknologi Two-Way AI Noise Cancellation. Teknologi tersebut memungkinkan suara yang diterima dan dikirim bebas dari berbagai suara bising yang ditangkap oleh mikrofon. Teknologi ini membuat komunikasi saat bermain game atau bahkan melakukan live streaming menjadi lebih jelas dan lancar.

 

 

 

Sistem Pendingin yang Lebih Baik

Salah satu upgrade paling besar di TUF Gaming F15 (FX506) terbaru adalah sistem pendinginnya. Kali ini ASUS menghadirkan sistem pendingin dengan performa pelepasan panas yang lebih baik serta lebih senyap saat beroperasi. Bisa dikatakan ASUS telah merombak total sistem pendingin di TUF Gaming F15 (FX506) terbaru sehingga membuat laptop ini tampil dengan performa yang lebih optimal.

 

Upgrade pertama pada sistem pendingin TUF Gaming F15 (FX506) terbaru dapat ditemukan pada heatpipe. Sebanyak empat heatpipe didesain khusus untuk mengalirkan panas dari berbagai komponen penting seperti CPU dan GPU ke heatsink khusus. Heatpipe tersebut tidak hanya terhubung ke CPU atau GPU yang merupakan komponen utama penghasil panas di sebuah laptop. Heatpipe di TUF Gaming F15 (FX506) terbaru kini juga terhubung ke komponen lain yang juga menghasilkan panas seperti VRM. Hal tersebut yang membuat TUF Gaming F15 (FX506) kini memiliki performa pendinginan yang lebih baik.

 

 

ASUS juga sudah menyiapkan tiga heatsink dengan fin yang memiliki ketebalan hanya 0,1mm. Fin yang tipis tidak hanya membuat luas permukaan heatsink bertambah tetapi juga membuat aliran udara lebih lancar. Dengan demikian, suhu TUF Gaming F15 (FX506)  dapat lebih terjaga.

 

Selain heatpipe dan heatsink, peningkatan juga dihadirkan dari sisi kipas. Kali ini, TUF Gaming F15 (FX506) menggunakan kipas dari lini laptop gaming ROG yaitu LCP Fan yang memiliki 83 bilah. Dibandingkan dengan kipas laptop TUF Gaming seri sebelumnya, kipas TUF Gaming F15 (FX506) kali ini mampu menghadirkan aliran udara yang lebih baik sehingga membuat sistem pendingin dapat bekerja lebih optimal.

 

Pengaturan kipas dan performa TUF Gaming F15 (FX506) secara keseluruhan dapat dilakukan melalui aplikasi Armoury Crate. Aplikasi tersebut juga menyediakan fasilitas update untuk berbagai firmware dan driver TUF Gaming F15 (FX506) sehingga gamer dapat selalu memastikan laptop kesayangannya berjalan secara optimal.

 

Berikut adalah hasil pengujian sistem pendingin melalui metode stress test menggunakan 3DMark Time Spy pada mode 20 kali pengulangan pengujian:

 

 

Dapat dilihat bahwa selama pengujian tersebut baik suhu CPU maupun GPU berada di kisaran rata-rata 71°C. Meski ada beberapa momen performance boost yang menyebabkan suhu bisa mencapai 90°C, namun hal tersebut sangat singkat dan sistem pendingin bisa langsung menurunkan suhunya kembali ke kisaran 70°C dengan cepat.

 

Dibekali Hardware yang Powerful

Prosesor High Performance 11th Gen Intel Core terbaru merupakan komponen utama yang membuat TUF Gaming F15 (FX506) tampil lebih powerful dari generasi sebelumnya. Kali ini kami menggunakan laptop dengan spesifikasi paling rendah yaitu yang dibekali dengan CPU Intel Core i5-11400H. CPU tersebut memang bukan yang paling kencang di antara jajaran CPU 11th Gen Intel Core namun telah dibekali dengan konfigurasi 6 core 12 thread dan mampu berjalan dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,5GHz.

 

Prosesor tersebut juga didukung oleh penggunaan RAM DDR4-3200 dengan kapasitas 8GB yang bisa di-upgrade hingga 32GB serta penyimpanan menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB. Gamer juga tetap dapat melakukan upgrade pada RAM dan penyimpanannya dengan mudah melalui fitur pop-open screw yang dirancang khusus agar pengguna TUF Gaming F15 (FX506) dapat dengan mudah mengakses komponen yang ada di dalamnya.

 

Menjadi pusat performa grafis TUF Gaming F15 (FX506) adalah chip grafis NVIDIA GeForce. Dibekali chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3050, TUF Gaming F15 (FX506) siap menaklukkan berbagai game PC modern yang ada saat ini. Tidak hanya itu, GeForce RTX 3000 Series juga membuat TUF Gaming F15 (FX506) dapat menjalankan berbagai fitur grafis modern seperti RTX real-time ray-tracing dan NVIDIA DLSS 2.0.

 

Chip grafis tersebut juga sangat mumpuni bagi para gamer sekaligus content creator. Berkat arsitektur Ampere terbaru yang terdiri dari RT core, CUDA core, Tensor core, dan streaming core di dalam chip grafis GeForce RTX 30 Series, TUF Gaming F15 (FX506) dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan kreatif seperti video editing hingga live streaming.

 

Agar pengalaman gaming lebih maksimal, ASUS membekali TUF Gaming F15 (FX506)  dengan layar berukuran 15,6-inci yang memiliki refresh rate hingga 144Hz serta response time 3ms. Layar tersebut juga dibekali dengan teknologi Adaptive-Sync sehingga membuat sesi bermain game menjadi lebih nyaman tanpa efek tearing serta stuttering.

 

Bagaimana performanya? Berikut adalah berbagai hasil benchmark performa laptop TUF Gaming F15 (FX506) dengan CPU Intel Core i5-11400H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050:

Dapat dilihat dari hasil benchmark tersebut, TUF Gaming F15 (FX506) dengan CPU Intel Core i5-11400H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 masih mampu menjalankan game AAA terkini dengan sangat baik bahkan di pengaturan grafis “High”. Dengan banderol harga tidak lebih dari Rp16 juta untuk saat ini, TUF Gaming F15 (FX506) merupakan salah satu laptop gaming terjangkau yang terbaik.

 

Main Spec. ASUS TUF Gaming F15 (FX506)
CPU Intel® Core™ i9-11900H Processor 2.5 GHz (24M Cache, up to 4.9 GHz)

Intel® Core™ i7-11800H Processor 2.3 GHz (24M Cache, up to 4.6 GHz)

Intel® Core™ i5-11400H Processor 2.7 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz)

Operating System Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Free upgrade to Windows 11

Memory 16GB DDR4 3200MHz RAM

2x8GB DDR4 3200MHz RAM

8GB DDR4 3200MHz RAM

Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD

Display 15.6″ (16:9) IPS-Level FHD (1920×1080), 144Hz, 3ms, Adaptive Sync

15.6″ (16:9) IPS-Level FHD (1920×1080), 240Hz, 3ms, Adaptive Sync

Graphics NVIDIA GeForce RTX 3060

NVIDIA GeForce RTX 3050Ti

NVIDIA GeForce RTX 3050

Input/Output 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 3x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™
Camera 720p HD Camera
Connectivity Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Audio DTS software, Built-in array microphone, 2x 2W speaker
Battery 48WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 35.9 x 25.6 x 2.28 ~ 2.45 cm
Weight 2.3Kg
Colors Eclipse Gray
Price Rp15.799.000 (Core i5/RTX 3050/8GB RAM/512GB SSD/144Hz/48Whr)

Rp19.299.000 (Core i7/RTX 3050/8GB RAM/512GB SSD/144Hz/48Whr)

Rp19.299.000 (Core i7/RTX 3050Ti/2x8GB RAM/512GB SSD/144Hz/48Whr)

Rp24.999.000 (Core i9/RTX 3060/16GB RAM/512GB SSD/144Hz/90Whr)

Rp25.999.000 (Core i9/RTX 3060/16GB RAM/1TB SSD/144Hz/90Whr)

Rp25.999.000 (Core i9/RTX 3060/16GB RAM/512GB SSD/240Hz/90Whr)

Warranty 2 tahun garansi global + 1 Tahun ASUS Perfect Warranty

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *