Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 38 39 40 42 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 5

Inilah kunci jawaban buku Tematik Tema 5 Kelas 4 SD halaman 38, 39, 40, dan 42. Memasuki pembelajaran 5 dari Subtema 1 halaman 37 sampai 42, siswa kelas 4 SD akan belajar tentang Pahlawan. Berikut kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 SD halaman 38, 39, 40, dan 42 Pembelajaran 5 dengan subtema 1.

Pada akhir masa Kerajaan Hindu Buddha, muncullah tokoh tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Siapakah mereka? Mari, kita cari tahu! Bersama kelompokmu, diskusikan hubungan antargambar tersebut! Tuliskan hasilnya pada kolom berikut! Jawaban: Gajah Mada merupakan Patih tertinggi pada masa pemerintahan Hayam Wuruk sebagai Raja Majapahit.

1. Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Saat remaja, ia merupakan seorang pemuda yang mempunyai keahlian bela diri yang sangat hebat serta berilmu tinggi. Pada usia 19 tahun, Gajah Mada berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara. 2. Oleh karena kecakapannya, pada tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Dua tahun kemudian, ia diangkat sebagai Patih Kediri. 3. Pada tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya. Gajah Mada menolak penunjukan itu karena ingin membuktikan pengabdiannya terlebih dahulu kepada Kerajaan Majapahit, yaitu menghentikan pemberontakan Keta dan Sadeng. GajahMada akhirnya diangkat sebagai Patih Majapahit pada tahun 1334, setelah berhasil menaklukkan Keta dan Sadeng.

4. Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejenis rempah rempah, bila belum berhasil menguasai pulau pulau di Nusantara. 5. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350 1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab Negarakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan Majapahit hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh Kerajaan Majapahit sampai ke negara negara tetangga. Jawaban: Gajah Mada adalah seorang panglima perang. Pada usia 19 tahun, ia berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara. Pada tahun 1319 Gajah Mada diangkat menjadi Patih Kahuripan dan dua tahun setelahnya, ia diangkat menjadi Patih Kediri. Pada tahun 1329 Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan posisinya. Gajah Mada menolak karena ia ingin membuktikan pengabdiannya kepada Kerajaan Majapahit terlebih dahulu. Pada tahun 1334, Gajah Mada diangkat sebagai Patih Majapahit karena dapat menaklukkan Keta dan Sadeng. Pada tahun 1336, gajah Mada mengucap Sumpah Palapa. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350 1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya.

Bersama teman satu kelompok, diskusikanlah pertanyaan pertanyaan berikut. Tulis jawabanmu pada kertas lain. 1. Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa? Jawaban: Sumpah Palapa diucapkan dengan tujuan Gajah Mada dapat mempersatukan semua pulau di Nusantara.

2. Apa yang diperjuangkan Gajah Mada? Jawaban: Gajah Mada berjuang untuk mempersatukan seluruh pulau di Nusantara dalam kekuasaan Kerajaan Majapahit. 3. Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini? Jelaskan jawabanmu dan berikan contoh!

Jawaban: Pengaruh perjuangan Gajah Mada yaitu semangat dan tujuan baiknya menyatukan seluruh Nusantara. Bangsa Indonesia sampai sata ini menjunjung tinggi kebersamaan dan bersatu. 4. Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari sikap Gajah Mada? Jawaban: Semangat dan kegigihan Gajah Mada dalam menyatukan pulau pulau di seluruh Nusantara. Dalam perjuangannya Gajah Mada juga mengajarkan tentang persatuan dan kesatuan.

5. Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit? Jelaskan! Jawaban: Bisa, karena Patih Gajah Mada merupakan pahlawan bagi rakyat Kerajaan Majapahit karena berani dan pantang menyerah berjuang untuk menyatukan Nusantara dan menjadikan Kerajaan Majapahit, Kerajaan terbesar dan terkuat di zaman itu. Kemegahan dan kebesaran kompleks candi Penataran membuktikan perjuangan dan peranan para tokoh pada masa Kerajaan Majapahit. Candi Penataran dibangun pada masa Kerajaan Kediri dan dipergunakan pada masa Kerajaan Majapahit.

Di dalam kompleks candi, terdapat arca, bangunan yang disebut Bale Agung, prasasti (batu tulis) dan beberapa candi. Candi candi itu di antaranya candi Naga yang berukuran lebar 4,83 meter, panjang 6,57 meter, dan tinggi 4,70 meter. Selain itu, terdapat candi yang dianggap paling suci, yaitu candi Induk. Candi Induk terdiri atas tiga teras bersusun dengan tinggi seluruhnya 7,19 meter. Tulis pendapatmu tentang candi Panataran pada kolom berikut! Jawaban: Candi Penataran sangat indah. Candi Penataran adalah peninggalan Kerajaan Majapahit dan membuktikan perjuangan dan peranan para tokoh pada masa Kerajaan Majapahit.

Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan nada dan tempo yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut! 1. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu di atas? Jawaban: Merasa semangat dan bangga.

2. Jelaskan tentang nada dan tempo dalam lagu tersebut. Nilai baik apa yang terkandung dari lagu tersebut? Jawaban: Lagu Maju Tak Gentar merupakan lagu perjuangan. Diciptakan oleh C Simandjuntak, dengan tanda birama 4/4. Setiap birama terdapat 4 Ketukan. 3. Apakah ada lagu di daerahmu yang menggambarkan perjuangan para pahlawan? Jika ada, tuliskan judul dan makna lagu tersebut!

Jawaban: Ada, lagu Caping Gunung dari Jawa Tengah yang menggambarkan tentang akyat desa yang pernah berjuang untuk kemerdekaan, tetapi kemerdekaan itu hanya dirasakan sebagian orang. *) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Leave a Reply