Potensi Penularan Covid-19, Sebaiknya Tak Sediakan Hidangan Saat Rapat di Kantor

Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia, masih belum diketahui kapan berakhirnya. Namun, di satu sisi, sejumlah aktivitas perkantoran sudah dibuka. Pemerintah melalui Juru Bicara Penanganan Covid 19 Achmad Yurianto memberikan pesan agar aktivitas di kantor dihadiri oleh orang orang yang sehat tanpa adanya gejala gejala terpapar Covid 19, terlebih saat aktivitas rapat.

Yuri menyarankan agar ruang rapat memiliki sirkulasi udara yang baik, serta ada kapasitas agar peserta rapat bisa menerapkan jaga jarak. "Batasi presentasi yang betul betul penting saja, dibatasi waktu, diupayakan tidak lebih dari setengah jam," ujar Yuri saat konferensi pers di YouTube BNPB, Minggu (19/7/2020). Bahkan, Yuri mengingatkan agar hidangan baik makanan atau minuman dalam rapat tidak disediakan.

Hal tersebut akan membuat orang kemudian membuka masker untuk kemudian memakan hidangan. "Berbicara ke sana ke mari yang kemudian memberikan ruang bagi kemungkinan terjadinya penularan apabila salah satu peserta rapat itu adalah orang yang terkonfirmasi positif namun tanpa gejala," ujarnya Pasalnya, mikrodroplet dari orang yang terpapar Covid 19, dikatakan Yuri, dapat bertahan lebih lama di udara.

"Manakala pembicara melepas masker, silakan lepas maskernta tetapi tidak bergerak mendekati peserta rapat yang lain, tetap pada tempatnya," ujar Yuri. "Ini menjadi penting dan upayakan kebersihan dari ruang rapat senantiasa dijaga dengan baik," pungkasnya.

Leave a Reply